Kota Batu Menginspirasi Pembangunan Wisata Bukittinggi

KBRN, Batu: Kota wisata Batu dikenal sebagai salah satu destinasi alam dan buatan di Indonesia. Kota yang memiliki hawa sejuk itu ternyata menginsipirasi Kota Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Hal itu terlihat dari adanya kunjungan kerja Wali Kota Bukit Tinggi bersama Forkopimda.

Walikota Bukit Tinggi, H Erman Safar, SH, mengatakan, geografis Kota Batu dan Kota Bukit Tinggi tidak jauh berbeda, sehingga suasana alamnya pun hampir sama. Oleh karena itu, pihaknya melakukan studi tiru dalam pengembangan potensi wisata dengan memanfaatkan geografisnya.

"Udara disini mirip dengan di Bukit Tinggi. Kami juga punya 3 kecamatan, sama seperti disini, namun kami melihat kunjungan pariwisata sebelum pandemi 7 juta lebih, itu luar biasa, sehingga kunjungan ini untuk berdiskusi utamanya dalam penguatan konsep pariwisata di Bukit Tinggi," katanya, Kamis (1/4/2021).

Dalam diskusi itu lebih banyak membahas terkait perkembangan dan pembangunan wisata di Kota Batu, media promosi dan pelayanan wisatawan.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso menjelaskan, pembangunan wisata di Kota Batu menjadi bukti sinergitas dan dukungan dari investor, stakeholder dan masyarakat.

"Kami mengundang investor untuk ke Kota Batu, Kami juga mensosialisasikan dan berdiskusi dengan masyarakat melalui Pemerintah Desa untuk pembangunan yang dilakukan di Kota Batu," jelasnya.

Keterlibatan masyarakat dan stakeholder menjadi kunci bagi Kota Batu dalam pengembangan dan pembangunan wisata dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki setiap wilayah, serta peran media sosial dalam mempromosikan potensi yang ada di Kota Batu.

"Ini hasil kerjasama dengan Kelompok Tani, Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk membuat desa wisata dan wisata alam, dengan tetap menjaga kelesatarian alamnya," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00