Pendakian Gunung Semeru Dibuka Mulai 1 April

Foto: BB TNBTS

KBRN, Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kembali membuka jalur pendakian ke Gunung Semeru di masa adaptasi kebiasaan baru mulai 1 April 2021. Keputusan itu keluar setelah BB TNBTS selaku otoritas pengelola kawasan wisata tersebut melakukan rapat koordinasi pembukaan jalur pendakian Semeru pada 29 Maret 2021 kemarin.

Plt. Kepala BB TNBTS, Agus Budi Santosa mengatakan, pendakian ke gunung tertinggi di Jawa tersebut dibuka dengan beberapa persyaratan atau Standard Operational Procedure (SOP) yang harus ditaati oleh pendaki. 

“Pendaki harus melakukan booking online di situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org. Kami tidak melayani penjualan tiket secara langsung untuk menghindari kontak langsung dengan petugas di masa pandemi,” ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Untuk jumlah kuota pendakian, dibatasi maksimal 180 orang per hari atau sebanyak 30 persen dari kapasitas pendakian. “Nanti akan kita lakukan monitoring dan evaluasi lagi untuk pendakian di bulan berikutnya,” kata Agus.

Sementara terkait waktu pendakian, dibatasi maksimal selama tiga hari dua malam. “Pendakian juga hanya dibatasi sampai Kalimati,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00