UPTD Budidaya Ternak Pasuruan Akan Diubah Menjadi Arjuno Agro Technopark

KBRN, Pasuruan : Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Budidaya Ternak di Dusun Kucur, Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan akan dijadikan Arjuno Agro Technopark. 

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengatakan, konsepnya, lokasi yang populer dengan nama Usaha Peternakan Aliansi (UPA) itu akan dikembangkan menjadi kawasan eco dan eduwisata, pendidikan dan pelatihan (diklat), pusat penelitian, serta budidaya ternak. 

"Selama ini memang hanya untuk budidaya ternak saja dan pembibitan. Tapi akan lebih maksimal lagi kalau kita 'explore', maka dari itu akan kita sulap menjadi Arjuno Agro Techno Park," kata Irsyad, Rabu (24/03/2021). 

Ia menjelaskan, UPTD Budidaya ternak berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Udara yang sejuk dan luasan lahan yang mencapai sekitar 20 hektar, Ia optimis Arjuno Techno Park akan menjadi jujukan wisatawan. 

" Nanti bisa mengungkit perekonomian di sekitar lokasi maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasuruan. Seperti diketahui, sampai sejauh ini, UPTD Budidaya Ternak hanya dimanfaatkan untuk budidaya ternak sapi seperti limosin, simental, perah dan peranakan unggul, serta aneka jenis kambing jenis diantaranya etawa, sanen dan gibas, " bebernya. 

Menurutnya, Pemkab Pasuruan selalu mengalokasikan anggaran tak kurang dari Rp 1 miliar untuk operasional UPTD Budidaya Ternak pada tiap tahunnya. Diantaranya, untuk pembelian pakan ternak dan lain sebagainya.  

Hanya saja, dalam perkembangan terakhirnya, tempat ini tidak banyak memberikan keuntungan, hingga muncul ide untuk mendesain ulang UPTD Budidaya Ternak menjadi Arjuno Agro Technopark. 

"Kita menginginkan ada pemanfaatan yang berarti, dan tentu saja menguntungkan daerah. Maka dari itu, kita ubah desainnya, " singkatnya.

Untuk mendukung pembentukan Arjuno Agro Technopark, Pemkab Pasuruan pada tahun ini telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 Milyar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan sarana prasarana (sarpras) pelatihan dan diklat.

Arjuno Agro Techno Park nantinya akan didukung dengan terdapatnya sejumlah tempat destinasi wisata alam, serta perkebunan durian, kopi, alpukat dan durian yang ada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari. (Emil) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00