Bawa Misi Kemanusiaan, Tim Medis UB - RSSA Diberangkatkan ke Mamuju

KBRN, Malang: Tim Emergensi Medis atau Emergency Medical Team (EMT) kloter pertama dari Universitas Brawijaya (UB) dan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) diberangkatkan menuju Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (21/1/2021). Tim yang membawa misi kemanusiaan ini berangkat menggunakan pesawat TNI AU jenis Hercules dengan nomor registrasi A-1337 dari Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

Nantinya, tim medis tersebut akan membantu RS rujukan tertinggi di daerah tersebut. EMT ini akan bekerja secara shift bersama dengan tim lain dari UNHAS Makasar. Tim yang diketuai oleh dr. Satria Pandu Persada Isma, Sp.OT (K) beranggotakan 23 nakes terdiri dari 14 dokter dan 9 perawat. 

Keberangkatan tim ini terdiri dari dua kloter. Adapun tim pertama yang berangkat terdiri dari 1 dokter dan 1 perawat, yaitu dr. Aurick Yudha Nagara, Sp.EM dan Aguswanto Amd.kep. “Rencananya kami di Mamuju total 8 hari dengan 6 hari efektif, hari pertama dihitung mulai besok. Karena difasilitasi oleh TNI AU, hari ini baru 2 orang yang bisa berangkat,” ujar dr. Aurick .

Ia berharap  tidak banyak korban lagi akibat gempa bumi yang terjadi di Mamuju. "Kita bersiap-siap, apalagi ini memasuki minggu kedua. Kami mendapat info dari teman-teman di Makasar operasinya memang turun, tetapi dari tim medis Jawa Timur bilang kemungkinan masih banyak penderita yang trauma, patah tulang, dan lain-lain yang belum bisa mengakses RS darat rencananya menggunakan RS Apung KRI Suharso milik TNI AU,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Kasi Angkutan, Sufriadi A.M menegaskan jika TNI AU mendukung penuh dan siap memfasilitasi misi kemanusiaan ini. “Keberangkatan ini memang sudah direncanakan sejak seminggu yang lalu,” tuturnya.

Selain dua tenaga kesehatan, pesawat juga membawa 12 crew dari TNI AU. Sementara tim kedua akan berangkat Jumat (22/1/2021) besok dari Bandara Juanda Sidoarjo. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00