Nakes Disasar Pertama, Arbani: Jangan Ragu pada Vaksin Sinovac

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Istimewa)

KBRN, Malang : Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengimbau kepada seluruh tenaga Kesehatan (nakes) di Kabupaten Malang untuk tidak ragu dan tidak takut dengan rencana vaksinasi vaksin sinovac yang akan segera dilakukan dalam waktu dekat. 

" Kami imbau kepada nakes agar tidak ragu dan tidak takut dengan vaksinasi vaksin sinovac yang sudah tiba di Kabupaten Malang ini, " imbau Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Selasa (26/1/2021) siang. 

Sebab, tegas Arbani, vaksin sinovac itu sudah mendapat rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa vaksin sinovac itu aman dan halal. 

" Jangan ragu dan jangan takut pada vaksin sinovac yang sudah didistribusikan ke kita, sinovac sudah ada rekomendasi dari BPOM dan Fatwa MUI, " terangnya. 

Karenanya, diharapkan seluruh nakes bersedia dan mau divaksinasi. Apalagi, tujuannya untuk mencapai dan menjaga ketahanan tubuh para nakes agar dapat melayani pasien dengan baik

" Apabila ketahanan tubuh terjaga, maka ancaman paparan Covid-19 tidak akan pengaruh, " tegasnya. 

Targetnya, tambah Arbani, seluruh tenaga kesehatan bisa kebal dari Covid-19, sehingga pelayanan kesehatan di Kabupaten Malang berjalan maksimal kendati di tengah pandemi Covid-19. 

Ia menambahkan, rencananya pencanangan vaksinasi akan dilakukan di Pendopo Bupati di Kepanjen pada Sabtu (30/1/2021) mendatang. Ada sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, pengusaha dan tokoh media yang akan dilakukan vaksinasi pertama pada pencanangan nanti. 

" Tidak hanya pejabat saja, tapi ada tokoh masyarakat, pengusaha dan tokoh media,. Sekarang masih kami konsultasikan dengan pak Bupati, " pungkas Arbani. 

Diunggah RRI sebelumnya, Vaksin Sinovac telah tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Senin (25/1/2020) malam. Vaksin itu dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 7000 vial. Kini vaksin itu disimpan di tempat penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan. 

Sedianya, vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) sebagai prioritas utama. Jumlah nakes yang akan disasar dalam vaksinasi tahap pertama sebanyak 4.170 orang. Nantinya, nakes akan divaksinasi dua kali dengan jeda waktu 14 hari. Total kebutuhan vaksin bagi nakes di Kabupaten Malang sebanyak 8.360 vial.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00