Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Kabupaten Malang, 4.170 Nakes Akan Divaksinasi

Vaksin Sinovac Disimpan di Tempat Penyimpanan Vaksin Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. (Foto: Istimewa)
Vaksin Sinovac Tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Senin (25/1/2021) malam. (Foto: Istimewa)

KBRN, Malang : Vaksin Sinovac telah tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Senin (25/1/2020) malam. Vaksin itu dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dikawal ketat oleh jajaran Kepolisian hingga kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen. 

Kepala Dinas Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan jumlah vaksin yang sudah diterima sebanyak 7000 vial. Kini vaksin itu disimpan di tempat penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan. 

Sedianya, vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) sebagai prioritas utama. Jumlah nakes yang akan disasar dalam vaksinasi tahap pertama sebanyak 4.170 orang. Nantinya, nakes akan divaksinasi dua kali dengan jeda waktu 14 hari. 

" Target vaksinasi pertama untuk sasaran 4.170 nakes dengan masing masing dilakukan penyuntikan dua kali dengan jeda waktu 14 hari," ungkap drg Arbani Mukti Wibowo kepada RRI, Selasa (26/1/2021). 

Praktisi, lanjut Arbani, dari sisi jumlah vaksin yang sudah diterima dengan rencana sasaran target nakes yang akan disuntik dua kali, ditambah 10 orang sasaran VVIP, maka jumlah vaksin yang diterima masih kurang sebanyak 1.360 vial. Seharusnya vaksin yang diterima adalah sebanyak 8.360 vial. 

"Memang dari sisi jumlah kami masih kurang 1.360 vial ditambah 10 orang sasaran VVIP, " terangnya. 

Kekurangan itu terjadi karena kapasitas penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Malang tidak mampu menampung. Namun, kekurangan 1.360 vial akan dikirimkan pekan depan

" Kenapa ada kekurangan, karena kapasitas penyimpanan cold chain (rantai pendingin;red) kami terbatas, tidak mampu menampung," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00