Begini Alur Vaksinasi Covid-19 di Kota Batu

KBRN, Batu: Jadwal penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Batu telah ditentukan yakni pada Februari 2021 mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dinkes untuk bisa maksimal dalam penyuntikan vaksin Sinovac tersebut.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Komisariat Kota Batu, dr Susana Indahwati menjelaskan terkait alur dari vaksinasi Covid-19 di tahap pertama yang dimulai dari penerima vaksin harus melakukan registrasi.

“Sebelum melakukan vaksinasi. Teman-teman dan masyarakat akan mendapatkan SMS dari KPC PEN. Setelah mendapat SMS itu, selanjutnya diwajibkan untuk menunjukkan SMS itu sebagai e-ticket vaksinasi,” jelasnya, Selasa (19/1/2021).

Kewajiban menunjukkan SMS itu bertujuan agar petugas dapat memastikan, penerima vaksin tersebut terdata dalam sasaran vaksinasi. Setelah registrasi dilanjutkan menuju proses screening.

“Disana masyarakat akan dilihat kondisi kesehatannya apakah bisa dilakukan vaksinasi atau tidak, Setelah screening selanjutnya diarahkan langsung pada tahap imunisasi,” terangnya.

Dalam tahap tersebut akan dilakukan pemantauan suhu vaksin dengan syarat suhu bersuhu sekitar 2-8 derajat celcius.

“Setelah dari tahap imunisasi, selanjutnya masyarakat yang sudah dilakukan vaksinasi akan diarahkan ke meja 4 atau di area 4,” tambahnya.

Penerima vaksin akan terus dilakukan monitoring dan observasi selama 30 menit, hal itu bertujuan untuk melihat apakah akan timbul efek samping atau tidak pasca dilakukan vaksinasi. Untuk diketahui, untuk satu kali pelayanan vaksinasi akan memakan waktu kurang lebih 40 sampai 45 menit, karena proses monitoring dilakukan selama 30 menit.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari menambahkan pihaknya telah menyiapkan Tim Komisariat Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA KIPI) yang terdiri dari Dokter Spesialis untuk menangani keluhan kejadian pasca imunisasi vaksin Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00