Optimalkan Promosi Kota Wisata, Kota Batu Gelar Pemilihan Kangmas-Nimas 2020

Foto: Humas Pemkot Batu

KBRN, Batu: Generasi muda Kota Batu diharapkan mampu berperan besar sebagai duta promosi kota wisata. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata Kota Batu kembali menggelar Grand Final Pemilihan Kangmas Nimas Tahun 2020. Bertempat di hotel Klub Bunga Butik Resort, Kota Batu, Rabu (21/10/2020) malam. Kegiatan itu dibuka dengan tarian Biodo Sinoman yang diperagakan oleh para finalis kangmas nimas Kota Wisata Batu.

“Dalam babak grand final ini ada 20 peserta yang terdiri dari 10 Kangmas dan 10 Nimas yang lolos. Para finalis diminta untuk menyampaikan visi misi jika terpilih sebagai duta wisata Kota Batu,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief A Sidiq.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untu  mewujudkan kaderisasi pelaku kepariwisataan Kota Batu yang handal dalam mempromosikan berbagai obyek, daya tarik wisata, budaya dan edukasi modern kepada wisatawan nusantara maupun internasional. 

"Maka untuk menciptakan generasi muda tersebut salah satu program yang kita pilih adalah pemilihan duta wisata kota batu yang nantinya dapat mewakili kota batu dalam ajang yang lebih tinggi," ujarnya.

Arief AS menambahkan, seleksi grand final kangmas nimas 2020 ini telah terpilih masuk grand final 10 pasang. Harapannya, nanti yang terpilih bukan hanya tampan dan cantik, tetapi memiliki kompetensi kecerdasan, kreatifitas, ketrampilan serta memiliki gagsan seni budaya serta kepariwisataan yang ada di Kota Batu. 

“Serta nantinya bisa memberikan sumbangsih guna membangun dan mengembangkan kepariwisataan yang lebih maju termasuk pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlandaskan visi misi Kota Batu yaitu Desa Berdaya Kota Berjaya,” tutur Arief.

“Pemenang ajang ini diharapkan dapat memahami tugas yang diembannya sebagai duta wisata Kota Batu sehingga pembangunan kepariwisataan semakin dikenal dan memiliki citra positif dikancah nasional maupun internasional," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka untuk melihat potensi-potensi  keunggulan pemuda-pemudi Kota Batu yang nantinya bisa berkiprah bukan hanya di Kota Batu, tetapi di tingkat nasional maupun internasional. 

"Seperti yang saya lihat dari lulusan ajang ini ada yang bekerja di televisi nasional,dan saya bangga sekali bahwa ajang ini menggali potensi pemuda pemudi Kota Batu," tuturnya.

Lebih lanjut, Walikota Batu berpesan kepada para finalis dan pemenang, nantinya bisa mensyiarkan hal-hal yang baik untuk Kota Wisata Batu. Bukan hanya kepariwisataannya, tetapi juga kebudayaan, kehidupan, serta kampaye kesehatan melalui protokol kesehatan itu terus dilakukan. Karena pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri jikan tidak dibantu oleh seluruh stakeholder khususnya para generasi milenial.

"Kepada dinas pariwisata, diharapkan ajang seperti ini terus diperbaiki dan anak-anak yang terpilih nantinya diaktifkan dalam acara kedinasan di Pemkot Batu supaya mempunyai bekal dan pengalaman dalam kehidupan," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00