Hilangkan Layanan Tatap Muka, BPJS Kesehatan Gunakan ‘Pandawa’

Petugas BPJS Kesehatan Cabang Malang melayani peserta melalui ‘Pandawa’

KBRN, Malang: Guna meminimalisir kontak langsung antara petugas dan masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini meniadakan layanan secara tatap muka. Sebagai gantinya, masyarakat atau peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan layanan Mobile JKN ataupun pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa).

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kami mengurangi pelayanan tanpa tatap muka, dimana BPJS Kesehatan membuat inovasi pelayanan administrasi melalui Whatsapp,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata, Rabu (23/9/2020).

Dengan layanan itu, setiap peserta yang membutuhkan layanan administrasi, tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Namun cukup melakukan komunikasi lewat WA yang sudah disediakan. Nantinya, ada petugas khusus yang merespon kebutuhan peserta.

“Dari rumah pun peserta kini bisa mendapat pelayanan JKN. Sebenarnya Pandawa kita buat sambil masih menunggu pengembangan Mobile JKN. Dengan Pandawa ini, semua masyarakat sudah pasti bisa mengakses, masyarakat tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi WA,” tuturnya.

Melalui Pandawa, semua persyaratan administrasi cukup dikirimkan petugas melalui WA. Jika ada pencetakan kartu peserta nanti juga akan dikirimkan ke alamat yang bersangkutan. Dengan adanya layanan ini, kantor cabang BPJS yang biasanya ramai pelayanan, kini menjadi sepi. Padahal biasanya rata-rata ada 300 warga yang mendatangi kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang.

“Layanan ini sudah berjalan sekitar 3 minggu. Saat ini sudah 100 persen peserta yang memanfaatkan pelayanan ini. Kecuali pengaduan tertentu terkadang masih ada layanan tatap muka,” tandas Dina. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00