Padat Karya Multiguna Solusi Dompet Dhuafa Jatim di Tengah Pandemi Covid-19

KBRN,Malang: Sejumlah program digulirkan oleh Dompet Dhuafa Jawa Timur sebagai solusi bagi masyarakat terdampak Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Karenanya Dompet Dhuafa Jatim melakukan gerakan Aksi Peduli Dampak Corona (APDC), diantaranya program yang digulirkan yakni ketahanan pangan dan ekonomi dengan konsep padat karya multiguna.

" Gerakan APDC diharapkan menjadi program multiguna. Penerima manfaat dilibatkan untuk produktif, memiliki ketahanan pangan skala keluarga, bukan hanya menerima tetapi juga harus ikut produktif bekerja sebelum menikmati hasilnya," ungkap Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Kholid Abdillah, di Bumi  Maringi Peni, desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kamis (17/9/2020).

Kholid mengaku, gerakan APDC diinisiasi oleh wartawan senior, Parnihadi yang juga mantan Direktur Utama LPP RRI.  Kholid mengatakan APDC membutuhkan bantuan serta dukungan dari masyarakat dan semua pemangku kebijakan agar menghasilkan solusi yang holistik, terintegrasi dan komprehensif.

" Perlu banyak pihak yang terlibat agar banyak donasi terkumpul sehingga banyak masyarakat kurang mampu yang bisa terlibat dalam program tersebut," terangnya.

Kholid membeberkan, sejumlah program yang digulirkan pada tahap awal diantaranya program perikanan nila, peternakan domba, perkebunan, dan bantuan modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta bantuan pangan untuk kelompok rentan seperti kaum disabilitas di kawasan Bumi Maringi Peni, Pujon.

Sementara, Manager Fundrising Dompet Dhuafa Jatim, Fadli mengatakan Aksi Peduli Dampak Corona dilakukan sejak Maret lalu hingga sekarang. Bahkan, di seluruh Jatim ada 8 ribu jiwa penerima manfaat dari sejumlah program Dompet Dhuafa Jatim.

" Kalau untuk padat karya multiguna kami mulai dari Pujon Malang sekarang," jelasnya.

Terpisah, penerima manfaat APDC, Hari Putra warga dusun Manting, Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon mengaku kaget menerima bantuan satu unit Ufi Box dari Dompet Dhuafa Jatim untuk menunjang  Usaha Kecil Menengah yang kini tengah dirintis.

" Alhamdulillah, kami diberikan bantuan untuk mengembangkan usaha kami," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00