Aglonema dan Sansivera, Primadona Kebun di Tengah Pandemi Covid-19

Aglonema dan Sansivera kini jadi buruan pecinta tanaman
Suasana Pasar Bunga Kota Malang

KBRN, Malang: Berkebun menjadi salah hobi yang kini naik daun di tengah pandemi Covid-19. Berbagai jenis tanaman kini diburu pecinta tanaman. Suasana Pasar Bunga Splendid, Kecamatan Klojen Kota Malang pun kini lebih ramai. Warga tampak memilih dan membeli berbagai jenis tanaman. 

Sejumlah tanaman yang paling diburu pembeli diantaranya Aglonem, Sansivera, hingga Monstera. Tingginya peminat jenis tanaman itu pun membuat harganya kini melambung. Aglonema misalnya, kini dibanderol mulai Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah per pot.

“Aglonema harganya naik karena banyak peminatnya, sedangkan barangnya mulai langka. Aglonema impor dari Thailand, pandemi seperti saat ini barang impor masih belum boleh masuk,” kata Nanik Prasetyawari, salah seorang penjual bunga Pasar Bunga Splendid Kota Malang, Kamis (6/8/2020).

Selain Aglonema, harga tanaman Sansivera atau yang bisa disebut Lidah Mertua kini bisa naik hingga 10 kali lipat. Bahkan, ada jenis Sansivera yang dibanderol hingga Rp 500 ribu per pot. Sedangkan Monsetra King ukuran standar dijual seharga Rp 600 ribu per pot.

“Harga tanaman jenis lain juga ikut naik. Ada tanaman yang biasanya hanya dijual Rp 10 ribu per pot, kini dijual Rp 25 ribu per pot,” ungkap pemilik stan bunga bernama ‘Dedik Keceng’ ini.

Meski jumlah pengunjung banyak, namun Nanik mengakui juka tidak semuanya membeli. Terkadang hanya ada yang melihat-lihat dan survei harga tanaman.

“Pembeli ada yang kaget karena harganya mahal, tetapi ada juga yang tetap beli meski mahal karena memang sudah hobi koleksi tanaman. Saya jual Aglonema seharga jutaan juga tetap ada yang beli,” tutur wanita berhijab ini.

Sementara itu, Fitria Risma, salah seorang penggemar tanaman mengakui jika hobi berkebun dan berburu tanaman menjadi salah satu hiburan di tengah pandemi Covid-19. Selain berburu tanaman di Pasar Bunga Kota Malang, ia terkadang juga membeli tanaman langsung dari Kota Batu.

“Selama pandemi ini kita dianjurkan supaya di rumah saja. Jadi hiburannya ya lihat tanaman, berkebun,” tandas ibu dua anak ini. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00