Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Hotel di Malang Sediakan Paket Isolasi Mandiri

KBRN, Malang: Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor industri pariwisata. Bisnis perhotelan di Kota Malang pun lesu. Akibatnya sebagian hotel memilih untuk tutup, lantaran tingkat hunian atau okupansinya yang hanya 10 persen. Namun sebagian lagi tetap memilih bertahan. 

Salah satu hotel yang tetap bertahan adalah hotel Whiz Prime di Jalan Basuki Rahmad Kota Malang. Hotel Bintang Tiga ini tetap buka dengan menawarkan paket isolasi mandiri. Tamu bisa menginap dengan harga relatif terjangkau. Yakni  paket sepekan menginap dengan harga Rp 1,5 juta dan paket dua pekan senilai Rp 3 juta. "Ini separuh harga menginap biasanya," kata General Manager Whiz Prima Hotel Malang, Aziz Sismono, Jumat (17/4/2020).

Menurutnya, penawaran ini dilakukan agar karyawan hotel tetap bisa bekerja dan tidak mengelami pemutusan hubungan kerja (PHK). "Meski minim, peuang ini diharapkan bisa menyelamatkan hotel kami di tengah pandemi ini," ujarnya.

Promo work from hotel ini ternyata menjadi pilihan bagi warga Malang. Hal ini dilakukan karena rasa bosan akibat harus bekerja dari dalam rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. "Saya kira ini pilihan yang menarik supaya tidak jenuh di rumah saja, jadi kita bisa work from hotel," tutur Wanda Rosalina Putri, salah seorang tamu hotel.

Meski tetap beroperasional, namun pihak hotel tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya mewajibkan tamu mencuci tangan, penggunaan cairan antiseptik, hingga pengecekan suhu tubuh. Kebersihan kamar juga dijamin dengan rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kamar.

Meski ada hotel yang tetap beroperasi, namun ada juga yang hotel yang menutup total opersionalnya. Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ada 7 hotel di Kota Malang yang menutup total operasionalnya. Sedangkan di wilayah Jawa Timur tercatat ada 170 hotel.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00