Bantu Warga Laporkan SPT, DJP Jatim III Bikin Kelas Pajak Online

KBRN, Malang: Pandemi Covid-19 membuat layanan tatap muka di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ditiadakan. Sebagai gantinya, layanan konsultasi untuk wajib pajak dilakukan secara daring menggunakan berbagai fasilitas mulai email, WhatsApp, serta kelas online. Untuk memfasilitasi layanan mengenai pengisian SPT tahunan, DJP Jatim III mengadakan kelas pajak online untuk pengisian SPT pribadi lewat e-form.

Rencananya, kelas pajak online bagi wajib pajak di wilayah kerja DJP Jatim III atau kawasan Tulungagung hingga Banyuwangi digelar pada Senin, 20 April 2020 pukul 09.00-10.00 WIB mendatang. 

“Selama sebulan terakhir DJP tidak memberikan pelayanan secara tatap muka, semuanya dilakukan secara online. Salah satu kegiatan untuk wajib pajak adalah sosialisasi melalui live streaming, kini kita fasilitasi secara serentak untuk wajib pajak di wilayah DJP Jatim III,” kata Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat

Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III, Eko Budihartono, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, seluruh wajib pajak bisa mengikuti kelas pajak online ini, caranya dengan mendaftar  melalui link Bit.ly/KelasPajakOnlineKanwilDJPJatim3. Kelas edukasi pajak ini menggunakan aplikasi Zoom. 

”Di tengah pandemi ini, banyak yang pakai aplikasi untuk melakukan video conference, semua wajib pajak boleh daftar untuk bisa mendapatkan sosialisasi dari tim penyuluh kami,” tuturnya.

Selain sosialisasi secara serentak melalui kelas pajak online, DJP juga menyediakan layanan sosialisasi dan konsultasi setiap hari melalui berbagai fasilitas online yang telah disediakan. Apalagi masa pelaporan SPT tahunan untuk pajak orang pribadi diperpanjang hingga 30 April mendatang. “Harapannya, semua wajib pajak bisa melakukan pelaporan SPT tahunan dengan tertib, meski berada di tengah kondisi pandemi Covid-19,” tandasnya. 

Untuk diketahui, saat ini jumlah wajib pajak di wilayah DJP Jatim III yang sudah melaporkan SPT sebanyak 463.261 WP dengan jumlah total WP sebanyak 939.851 atau realisasinya 49 persen. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00