'Apel Malang', Aplikasi Permudah Wajib Pajak

KBRN, Malang: Dalam rangka merespon harapan publik untuk mendapatkan pelayanan yang semakin mudah, cepat, serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Malang Utara meluncurkan inovasi Aplikasi Pelayanan Malang Utara yang dipublikasikan atau disebut 'Apel Malang'.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat kanwil DJP Jatim III, Eko Budihartono mengatakan, aplikasi tersbeut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan pelayanan publik. "Apel Malang ini menyuguhkan kemudahan pelayanan dalam hal mengambil nomor antrean, berkonsultasi dengan pegawai, melacak berkas permohonan, memberikan informasi petunjuk layanan, dan juga berguna bagi manajemen KPP Pratama Malang Utara untuk mengendalikan kepadatan antrian pelayanan," kata Eko, Senin (6/4/2020).

Merurutnya, sebagai aplikasi yang berbasis android Apel Malang diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan suatu produk pelayanan yang mengharuskan untuk datang ke penyelenggara pelayanan. "Cukup dengan handphone di tangan, Wajib Pajak sudah dapat memperoleh pelayanan publik dengan sangat mudah," tuturnya.

Ia menambahkan, Apel Malang ini mulai dikembangkan sejak pertengahan tahun 2017 dan terinspirasi dari penyediaan nomor antrean berbasis android. Dalam perjalanannya, KPP Pratama Malang Utara melakukan penambahan fitur untuk memenuhi harapan pengguna layanan, seperti melacak berkas permohonan, Kode Billing, berkomunikasi dengan petugas, dan melihat petunjuk pelayanan pada Apel Malang yang sebelumnya bernama e-TPT 652. "Berbagai fitur pada Apel Malang dapat dimanfaatkan dengan tidak harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara," kata dia.

"Dengan kemunculan Apel Malang ini, sebagai bagian dari inovasi pelayanan publik, KPP Pratama Malang Utara berharap agar Wajib Pajak dapat memanfaatkannya dengan cara mengunduh aplikasi tersebut pada Play Store guna mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan mudah," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00