Tampung Keluhan Warga, Pemkot Malang Siapkan Aplikasi 'Sambat Rene Ker'

KBRN, Malang: Warga Kota Malang yang mempunya keluhan terkait layanan kini bisa menyampaikan penguadannya dengan cana yang lebih mudah. Hal itu setelah Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meluncurkan platform layanan pengaduan online bernama 'Sambat Rene Ker'.

"Segala layanan pada masyarakat harus sudah berbasis elektronik dengan harapan akan lebih mudah diakses masyarakat. Apalagi saat ini Kota Malang bertekad menjadi smart city," kata Walikota Malang, Sutiaji, Minggu (8/12/2019).

Menurutnya, aplikasi Sambat Rene Ker itu kini juga telah terintegrasi dengan aplikasi pengaduan 'LAPOR' milik Kementerian PAN dan RB. "Hal itu tentu akan semakin memudahkan Pemerintah Kota Malang dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," ungkapnya. 

Penerapan pemerintahan digital ini, sambung Sutiaji, juga selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo dengan memfokuskan pemerintah ke depan harus berbasis Digital Melayani (Dilan), yaitu reformasi dalam pelayanan publik berbasis elektronik. "Saya bersyukur karena jajaran samping juga mendukung program smart city di kota ini. Ke depan aplikasi di Polresta, di Kejaksaan dan di Kodim juga akan terintegrasi dengan milik Pemkot Malang. Tentunya ini akan memudahkan kita dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," tandas Sutiaji.

Hal serupa diungkapna Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Tri Widyani. Menurutnya, prioritas utamanya adalah peningkatan kapasitas layanan publik yang berbasis elektronik, dengan mewujudkan seluruh layanan dalam genggaman. "Aplikasi ini nantinya akan menaikkan nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Pemkot Malang," pungkas Yani. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00