Cuaca Ekstrim, Hujan Es dan Angin Kencang Landa Kota Malang

KBRN,Malang: Hujan es disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Malang, Kamis (5/12/2019) siang. Bahkan arus lalu lintas di Jl Soekarno Hatta kota Malang sempat tersendat, terutama kendaraan yang dari arah Surabaya memasuki wilayah kota Malang melalui Jl Soekarno Hatta.

Prakirawan Senior Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Karangploso, Ahmad Luthfi membenarkan adanya hujan es yang disertai angin kencang, yang melanda wilayah Malang.

" iya mas benar telah terjadi hujan es, ada beberapa warga yang melaporkan peristiwa itu tadi," ungkap Luthfi, Kamis (5/12/2019) sore.

Menurutnya hujan es disertai angin kencang yang terjadi merupakan fenomena alam biasa akibat adanya awan cumulunimbus dengan ukuran besar dan ketebalan tertentu.

" Citra Radar kami mencatat hujan es disertai angin berkecepatan 45 kilometer perjam terjadi di beberapa titik seperti  di wilayah Jl Candi Mendut dan Jl Soekarno Hatta Kota Malang dan angin bergerak ke timur," terangnya.

Kata Lutfi, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya telah memberikan peringatan dini terkait adanya cuaca ekstrim yang terjadi di Jawa Timur tersebut. Beberapa daerah di Jawa Timur juga dilanda hujan deras dan angin kencang.

Hingga berita ini diunggah, maish belum diketahui secara persis adanya korban materi maupun korban jiwa akibat peristiwa itu. Sejumlah grup Whatsapp terpantau ramai membahas hujan es yang terjadi di Malang tersebut.(Sp)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00