Pemkot Batu Target Peningkatan Nilai Kota Layak Anak Kementerian PPPA

Giat Verlap Hybrid Dengan Kemen PPPA

KBRN, Batu : Tim Verifikasi Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi KLA Kota Batu. Verifikasi lapangan dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani.

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, mengatakan pemerintah Kota Batu terus berkomitmen mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) melalui berbagai regulasi dan kebijakan. Harapannya, penilaian tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami terus bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Layak Anak dalam memenuhi hak-hak anak yang terdiri dari lima kluster,” terangnya, Selasa (7/6/2022).

Sebagai informasi, pemenuhan hak-hak anak meliputi, kluster 1 tentang hak sipil dan kebebasan. Kluster 2 tentang lingkungan keluarga dan pengasuhan pengganti. Kluster 3 tentang kesehatan dasar dan kesejahteraan. Kluster 4 tentang pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya dan kluster 5 mengenai perlindungan khusus.

Bu De menambahkan Pemerintah Kota Batu telah menyediakan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga dan Infrastruktur Fasilitas Ramah Anak. Selain itu, Kota Batu telah berinovasi dalam hal pelayanan publik untuk mewujudkan Kota Layak Anak.

“Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kami memiliki pelayanan Jebol Pak Bahir atau Jemput Bola Pelayanan Akta Baru Lahir. Dimana bayi yang baru lahir mendapatkan pelayanan pembuatan akta. Selain itu terdapat pelayanan PKK Penak (PKK Pelayanan Akta Kelahiran Kolektif), dimana petugas bekerja sama dengan PKK dan langsung turun ke desa,” ungkapnya.

Sebelumnya, komitmen Pemerintah Kota Batu untuk mewujudkan lingkungan ramah bagi tumbuh kembang anak dan pemenuhan hak serta perlindungan anak, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dengan meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 tingkat Madya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar