Sejumlah Peternak di Kabupaten Malang Lakukan Pencegahan PMK Mandiri

Peternak kambing asal Ngajum, Kabupaten Malang, Khoirul. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Banyaknya jumlah hewan ternak di Kabupaten Malang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)) di Kabupaten Malang, membuat sejumlah peternak melakukan pencegahan mandiri. Diantaranya peternak asal wilayah Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang berinisiatif melakukan pencegahan PMK secara mandiri, agar wabah itu tidak merambah ternaknya. 

"Dengan adanya PMK yang sedang merebak ini, kami selaku peternak juga ikut khawatir," ungkap peternak kambing asal Ngajum, Kabupaten Malang, Khoirul, Minggu (5/6/2022).

Ia menjelaskan kondisi ternaknya sekarang ini aman dari PMK. lanjutnya, upaya antisipasi yang dilakukan untuk menghalau PMK dengan pencegahan mandiri, byaitu melakukan perawatan lebih intensif.

" Terutama menjaga kebersihan kandang dan ternak, memberi makanan teratur dan suplemen. Juga berkonsultasi dengan petugas kesehatan hewan," terangnya. 

Khoirul menambahkan harapan kepada pemerintah dan pihak terkait utamanya untuk Dinas Peternakan Kabupaten Malang agar bergerak cepat untuk melakukan pencegahan. 

"Semoga PMK cepat ada solusi agar keadaan kembali normal dan penjualan bisa meningkat," harap Khoirul. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar