Tertunda Covid-19, BPS Kota Batu Lanjutkan Sensus Penduduk 2020

KBRN, Batu : Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu kembali melakukan pendataan penduduk melalui Sensus Penduduk 2020, yaitu kegiatan yang sama sebelumnya sempat tertunda karena pandemi covid 19.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menjelaskan bahwa sensus penduduk, memiliki manfaat yang besar. Terutama di masa pandemi, data yang akurat sangat dibutuhkan untuk menentukan kebijakan.

“Kemanfaatan data ini sangat luar biasa. Kita bisa rasakan saat pandemi semua berteriak soal data, saya harap semua bisa bergotong-royong untuk mendukung sensus lanjutan ini,” jelasnya, Kamis (19/5/2022).

Sementara itu, Ketua Tim New Sos Degas BPS, Yuniarni Erry Wahyuti, mengatakan, kegiatan sensus 2020 lanjutan ini penting dalam rangka menyediakan berbagai parameter domografi serta karakteristik penduduk lainnya.

“Dalam sensus, kita mengumpulkan karakteristik penduduk, mulai dari kelahiran migrasi dan kematian serta informasi lainnya,” katanya.

BPS Kota Batu akan menugaskan 100 petugas yang terdiri dari 69 petugas sensus, 23 pengawas dan 8 koordinator untuk menyukseskan sensus penduduk 2020 lanjutan ini.

Sebagai informasi, BPS telah melakukan sensus penduduk secara serentak mulai 15 Mei - 30 Juni 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar