Jelang Imlek, Klenteng Eng An Kiong Mulai Ramai

KBRN, Malang : Aktivitas Kelnteng Klenteng Eng Ang Kiong tampak ramai menjelang perayaan Imlek tahun 2022 ini, prosesi ritualpun dilakukan. Seperti sembayang dengan mengelilingi 18 altar dan memandikan berbagai patung dewa yang berjumlah 28 dewa di Klenteng itu

Wakil Ketua Yayasan Eng Ang Kiong, Herman Subianto mengatakan, proses ini dilaksanakan satu minggu sebelum perayaan Imlek. Ritual tersebut dilakukan para tokoh agama dari tiga kepercayaan, yakni Tao, Kong Hu Cu dan Budha.

"Sembahyang ini untuk menghantarkan para dewa kembali ke kayangan bertemu tuhan yang maha esa. Jadi melaporkan semua kegiatan insani mulai dari buruk, baik dan kebijakan semua dilaporkan kepada Tuhan," ujar Herman, Kamis (27/1/2022).

Proses sembayang mulai dilakukan sejak pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh sekitar 40 perwakilan dari tiga kepercayaan yang disebut Tridharma. Kemudian, proses pembersihan patung-patung para dewa mulai pukul 12.00 WIB yang terselesaikan jelang Imlek tanggal 1 Februari 2022 mendatang.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, maka perayaan Imlek tahun 2021 ini dilakukan secara sederhana. Untuk itu sembahyangpun juga diatur yang diikuti para tokoh dan juga umat yang terbagi dalam jam kedatangan di satu hari penuh.

Ditambahkan, perayaan Imlek di tahun 2022 dengan Sio Macan, lanjut Herman, harapannya para umat dapat terhindar dari mala petaka, penyakit dan dilancarkan rejekinya.

Untuk diketahui, Klenteng yang sudah berdiri sejak 1825 silam memiliki makna mendalam. Nama Eng Ang Kiong ternyata bermakna istana keselamatan dalam keabadian tuhan atas persembahan kepada Dewa Bumi atau Hok Tek Ceng Shin sebagai dewa tertua yang hampir berusia 3.000 tahun lebih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar