Arek Malang Gelar Konser Musik Metaverse Pertama di Indonesia

Suasana Konser Musik di Metverse.jpg
Rizal Rosyadi Founder Bingkai Karya.jpeg
Rizal Menjelaskan Konsep Dunia Metaverse.jpeg

KBRN, Malang: Di masa pandemi ini, kita sudah sering menyaksikan virtual concert memalui berbagai platform. Baik itu melalui platform youtube yang sifatnya terbuka maupun zoom yang bisa dibatasi pesertanya. Tapi apa jadinya bila konser musik ini digelar di dunia Metaverse? Ya, jelas akan memberikan pengalaman yang berbeda. Menjelajahi dunia baru, sekaligus menikmati konser sambil berinteraksi bersama penonton lainnya.

Menariknya, konsep Virtual Concert ini baru pertama kali digelar di Indonesia, dan Arek Malang yang menyelenggarakanya. Konser Musik Metaverse ini digelar dalam rangkaian acara peluncuran Virtual Office Bingkai Karya, sebuah jaringan kanal digital yang menghadirkan Podcast edukatif, inspiratif dan kekinian.

Konsep dunia virtual Metaverse memang sedang menjadi topik hangat untuk dibicarakan. Betapa tidak, konsep digitalisasi yang mendadak ramai di masa pandemi, kini memasuki level yang berbeda. Tidak hanya memanfaatkan dunia digital sebagai sarana komunikasi, tapi bahkan dapat menciptakan dunianya sendiri. 

"Kita masuk, bikin Avatar, Selamat datang di dunia Metaverse!" sambut Rizal Rosyadi, Founder Bingkai Karya.

Menjadi penyelenggara pertama konser musik Metaverse di Indonesia tentu bukan perkara mudah. Walaupun berada di dunia digital terkesan effortless, tapi juga memiliki tantangan tersendiri.

"Bikin Konser seperti ini, selain harus mengkonsep acaranya, kita sekaligus harus mengedukasi orang orang tentang konsep Metaverse ini. Maklum sih karena memang konsep baru dan masih banyak orang yang sering mendengar tapi belum familiar dengan konsep ini," sambungnya.

Menghadirkan Cicilia Elsa sebagai bintang tamu dan menyapa para undangan dalam bentuk avatar. Cicilia Elsa membawakan single keduanya “Tentangnya” dan lagu cover dari penyanyi yang sedang naik daun, NIKI, berjudul “Every Summertime”.

"Kita datang dan menyaksikan bintang tamu sebagai Avatar, tapi juga dapat menyaksikan langsung di layar bagaimana gambar asli dari sang performer. Tidak cuma itu, kita juga bisa berinteraksi bersama orang orang yang hadir di konser itu, semuanya berlangsung secara real time, jadi vibes konsernya juga akan sangat terasa," jelas Rizal.

Rizal berharap, nantinya bukan hanya konsep konser virtual yang akan lebih dikenal masyarakat, tapi juga konsep virtual office yang dia bangun dalam Bingkai Karya. Bekerja sama dengan salah satu creative house yang bernama Work with Julio, Rizal juga ingin mengakrabkan masyarakat dengan konsep Basis metaverse seperti blockchain, NFT, atau crypto. sekaligus mengkoneksikan satu ruang virtual dengan ruang virtual lainnya. 

"Ini masih awal, nantinya akan terbangun sebuah dunia baru yang lebih besar, karena di luar negeri konsep Metaverse telah menjadi sebuah trend baru, bahkan selebriti hingga brand brand fashion besar dunia sudah membangun pasarnya di dunia Metaverse,"  terangnya.

Untuk singgah di Virtual Office Bingkai Karya dan mencoba sensasi dunia Metaverse, cukup kunjungi www.bingkaikarya.com dan klik ikon virtual office dan akan diarahkan untuk membuat avatar agar kita bisa masuk dan berinteraksi disana.

"Alamat kantor kami di Pixelandis - Arkadisa City Blok 201 tapi jangan dicari di google maps ya, gak akan ada, karena kita beda dunia yah, kami di dunia Metaverse," selorohnya menutup perbincangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar