Musim Panen, Warga di Malang Gelar Ritual Kenduren Petik Kopi

KBRN, Malang : Memasuki musim panen kopi, masyarakat di Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang menggelar ritual Kenduren petik kopi. Tradisi ini dilangsungkan untuk melestarikan warisan budaya masyarakat setempat. 

"Biasa acara ritual kenduren ini digelar pertanda dimulainya musim panen kopi di Sumberdem, " kata Warga Kampoengkopi Sumberdem, Sukadianto, Jumat (15/10/2021). 

Menurutnya, tujuan kenduren adalah bentuk syukur para petani kopi kepada Allah SWT. Kenduren itu, diantaranya bersedekah kepada para tetangga yang diundang.

Ia menjelaskan kenduren petik kopi ini untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang sudah dituangkan dalam slogan kampoengkopi_sumberdem, menjaga tradisi lebih dekat dengan kopi. 

"Harapan dari Kenduren ini selain kita bisa berbagi rejeki dengan para sanak-saudara juga ke tetangga. Juga sebagai bentuk permohonan supaya hasil panen kami bisa berkah," tandasnya. 

Ia juga menambahkan, hingga kini jumlah petani kopi di kampoengkopi Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang sekitar 80-90 persen. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00