Kota Batu Raih Dua Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2021

KBRN, Batu : Pemerintah Kota Batu meraih dua penghargaan dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2021.

Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan puncak acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dan Pemberian Penghargaan STBM Berkelanjutan Kepada Kabupaten/Kota yang digelar secara virtual.

Kota Batu meraih penghargaan Kategori Bupati/Wali Kota STBM Berkelanjutan dan Kabupaten/Kota Terbaik STBM Berkelanjutan kategori Supply.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku hidup bersih dan sehat, melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome, yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa komitmen Pemerintah Kota Batu terus berupaya melakukan percepatan penerapan lima pilar STBM.

"Lima pilar itu yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga," jelasnya, Jumat (15/10/2021).

Sementara, Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksono Habuwono, mengatakan, ditengah pandemi Covod-19, gerakan 3M dan 5 Pilar STBM harus terus diterapkan.

“Peran pemimpin daerah menjadi nahkoda dalam mewujudkan STBM yang menjadi tonggak baru perilaku higienis dan saniter sehari-hari,” kata Dante.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00