Kuatkan Edukasi Soal Donor Darah, PDDI Malang Luncurkan Website

KBRN, Malang : Upaya edukasi terkait donor darah kepada masyarakat gencar dilakukan. Sehingga semangat masyarakat untuk melakukan donor darah semakin tinggi. Salah satu upaya untuk memberikan edukasi adalah dengan membentuk website bernama www.pddimalang.id. Peluncuran website tersebut dilakukan langsung oleh Ketua PDDI Kota Malang sekaligus Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (20/9/2021).

Peluncuran website yang digelar di LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Malang ini juga merupakan rangkaian perayaan HUT PDDI ke-43. Tak hanya itu, juga digelar kegiatan donor darah. 

Menurut Sutiaji, literasi mengenai donor darah merupakan hal yang penting. Di era 5.0 ini, pemanfaatan teknologi melalui internet menjadi media yang tepat sebagai sarana sosialisasi. "Saya harap website ini tidak hanya berisi tentang informasi yang biasa dan hanya mengenai PDDI saja, tetapi menunya harus sesuatu yang dibutuhkan masyarakat," ungkap Sutiaji.

Menurutnya, website PDDI bisa berisikan soal ketersediaan darah di PMI, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi tersebut. Kemudian informasi soal alur dan upaya penghimpunan pendonor. "PDDI bisa kerjasama dengan PMI, kami yang menghimpun kemudian diserahkan pada PMI untuk mengeksekusi," katanya.

Selanjutnya, website itu juga harus berisi tentang edukasi bahwa donor tidak membahayakan tubuh, namun justru menyehatkan. "Selain itu juga website ini saya harapkan mampu menangkal berita hoaks soal jual beli darah. Memang mendapatkan darah itu gratis, tetapi dalam prosesnya perlu ada screening dulu tidak serta merta diberikan, nah proses itu kan juga perlu biaya," tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, PDDI Kota Malang juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan LPP RRI Malang terkait upaya sosialisasi dan edukasi. "Kami mengapresiasi LPP RRI Malang yang berkolaborasi dengan PDDI, PMI dan instansi terkait lainnya. Kolaborasi ini tentu diniatkan sebagai ibadah demi kepentingan masyarakat luas," tandas Sutiaji.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Malang, Yanto, SH., MH. mengungkapkan, upaya sinergitas PDDI dengan RRI akan terus dilakukan. Pihaknya pun bertekad melakukan edukasi pada masyarakat soal donor darah. "Setetes darah sangat berarti untuk keselamatan nyawa manusia, sehingga RRI akan terus bersinergi dengan PDDI," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00