Ultah ke-76, PMI Ajak Masyarakat Dukung Donor Darah dan Plasma

Dialog Refleksi HUT PMI tahun 2021 di Pro 1 RRI Malang

KBRN, Malang : Besok, 17 September 2021 Palang Merah Indonesia (PMI) genap berusia 76 tahun. Dalam ulang tahunnya kali ini PMI mengusung tema “Bergerak Bersama, Untuk Sesama”.

Kepada RRI, Kamis (16/9/2021), Ketua PMI Kota Malang Imam Buchori menjelaskan, dalam situasi pandemi COVID-19, PMI bersama pemerintah, TNI/ POLRI dan elemen masyarakat bergerak bersama menangani COVID-19. PMI mengisi peringatan ulang tahun kali ini dengan vaksinasi massal yang telah dilaksanakan sejak 24 Agustus 2021, dan tepat di hari ulang tahunnya menggelar Gebyar Donor Darah maupun plasma

“Saya menghimbau masyarakat Kota Malang untuk mendukung vakisnasi, dan di HUT PMI hadir untuk mendonorkan darah maupun plasma konvalesennya untuk membantu sesama,” kata Imam Buchori.

Sementara itu, Sekertaris PMI Kota Malang Tris Surya Hadi mengungkapkan rangkaian HUT PMI juga diwarnai bhakti sosial untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan, dan Orientasi Kepalangmerahan dan Pertolongan Pertama yang ditujukan kepada Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), jurnalis dan masyarakat umum.

“Kami berikan pelatihan ini terutama kepada jurnalis, terutama yang meliput bencana. Karena mereka harus tahu bagaimana tata cara memberikan bantuan, pertolongan dan penenganan korban,” jelas Tris Surya Hadi.

Dalam dialog Lintas Malang Pagi RRI Malang yang dihadiri juga oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Malang Dokter Eny Sekar Rengganingati tersebut, PMI juga menggambarkan bagaimana naik turunnya jumlah pendonor di tengah pandemi.

Menurut Dokter Eni Sekar, jumlah pendonor di awal pandemi COVID-19 sempat turun hingga 40 persen, dan kerapkali mengalami kekurangan stok darah. Namun saat ini sudah berangsur normal.

“Pendonor di awal pandemi masih banyak yang takut atau ragu-ragu. Tapi sekarang sudah paham bahwa kami ketat menjaga seluruh protokol kesehatan dan kesehatan pendonor di PMI Kota Malang,” jelas Dokter Eny Sekar.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan stok darah, PMI Kota Malang melakukan pendekatan kepada kelompok-kelompok donor seperti di instansi militer, maupun kelompok donor lainnya.

Dan yang saat ini gencar dilakukan saat ini adalah mensosialisasikan dan mendorong para penyintas COVID-19 untuk melkaukan donor plasma konvalesen. Unit Donor Darah PMI Kota Malang juga meminta bantuan 17 Rumah Sakit Rujukan pelayanan COVID-19 untuk turut serta menjelaskan pentingnya donor plasma konvalesen untuk menolong pasien yang belum sembuh dari COVID-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00