Upaya Percepatan Penanganan Covid-19, BPS Gelar Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi

KBRN, Malang : Sebagai bagian dari upaya percepatan penanganan Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan survei perilaku masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Survei yang digelar mulai tanggal 13 hingga 20 Juli 2021  ini bertujuan untuk memotret kondisi masyarakat dan perilakunya dalam menyikapi situasi pandemi Covid-19.

Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini mengungkapkan, hasil survei ini diharapkan bisa bermanfaat bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan percepatan penanggulangan Covid-19, serta menangani masalah yang ditimbulkan. 

“Survei ini ditujukan kepada penduduk Indonesia yang berumur 17 tahun ke atas dari seluruh lapisan masyarakat sebagai responden,” katanya, Kamis (15/7/2021).

Ia menjelaskan, terdapat sejumlah informasi yang dapat dihasilkan dari survei ini. Meliputi, kepatuhan pribadi dan lingkungan terhadap protokol kesehatan, sikap masyarakat terhadap kebijakan pemerintah khususnya PPKM Darurat, prevalensi vaksinasi dan kasus positif pada masyarakat, situasi pemenuhan kebutuhan pokok, vitamin, obat-obatan,dan alat pelindung diri.

“Selain itu, survei ini juga memotret dampak kebijakan pada kondisi sosial ekonomi masyarakat, serta harapan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah,” tuturnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat berpartisipasi dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar. Caranya dengan mengisi kuesioner elektronik secara online yang dapat diakses melalui tautan survey.bps.go.id/open/covid.

“Pengisian kuesioner hanya membutuhkan waktu 10 menit dan kerahasiaan jawaban responden dilindungi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar