Universal Health Coverage Kota Batu Capai 97,44 Persen

KBRN, Batu: Universal Health Coverage (UHC) di Kota Batu telah mencapai 97,44 persen. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi forum kemitraan yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Malang dengan  Pemerintah Kota Batu, Selasa (20/4/2021). 

" Alhamdulillah program Universal Health Coverage (UHC)  di Kota Batu saat ini sudah mencapai 97,44 persen. Sisa 2,56 persen belum tercover BPJS akan dicari dan didaftarkan program JKN,” kata Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Ia mengatakan rapat koordinasi ini bertujuan untuk membicarakan kendala dan masalah yang ada, agar BPJS dapat dijalankan dengan baik. 

" Kami berharap kerjasama Pemerintah Kota Batu dengan BPJS Kesehatan berjalan baik dan masyarakat taat membayar iuran, sehingga pelayanan kesehatan semakin bagus, " terangnya. 

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Malang Dina Diana Permata menyampaikan bahwa kendala yang menyebabkan belum seluruh masyarakat Kota Batu tercover BPJS adalah data. 

“Diperlukan sanding data antara BPJS Kesehatan dengan Dispendukcapil. Nantinya Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan akan bekerjasama untuk menyisir sisa 2,56 persen dari penduduk yang akan didaftarkan ke BPJS, " bebernya. 

"Dengan begitu, seluruh masyarakat Kota Batu dapat mengakses pelayanan kesehatan," lanjut Dina. 

Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00