PPKM Diperpanjang, Emil Dardak: Masyarakat Jangan Trauma

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak bersama Walikota Malang Sutiaji. (Foto: Istimewa)

KBRN, Malang : Kebijakan Pemerintah Pusat memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 26 hingga 8 Februari 2021 mendatang, termasuk di wilayah Jawa Timur (Jatim). 

" Bagi Pemprov Jatim serta Pemerintah Kota/Kabupaten di Jatim sangat menghormati keputusan Mendagri ini," ungkap Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak usai melaksanakan shalat Jum'at di Masjid Agung Jamik Kota Malang, Jum'at (22/01/2021).

Menurutnya, Instruksi Mendagri sudah ada, pihaknya sekarang tengah koordinasi dengan Menko terkait formalitas perpanjangan PPKM tersebut. 

"Kami menunggu kepastian formalnya saja, sekarang sedang diproses," kata Emil Dardak sapaan akrab Emil Elistianto Dardak tersebut. 

Ia berpesan agar masyarakat tidak trauma dengan istilah PPKM, sebab masyarakat masih bisa beraktivitas dengan baik, hanya ada pembatasan dalam dunia usaha.

Ia mencontohkan di kota Malang bisa melakukan aktifitas dengan kelonggaran waktu operasional dunia usaha yang akhirnya juga diadopsi di Surabaya Raya.

Hal ini, lanjut Emil, bukan berarti mematikan usaha  masyarakat, karena masih boleh mengunjungi pusat perbelanjaan dengan dilakukan pembatasan, karena dikhawatirkan kegiatan itu memiliki resiiko tinggi. 

"Tujuannya agar Covid-19 yang angkanya sudah tiga kali lipat dari bulan November ini bisa kita landaikan, karena kalau kita tambah rumah sakit  dan alatnya itu sangat terbatas," terangnya. 

Untuk itu, tambah dia, kegiatan masyarakat harus benar-benar dibatasi secara maksimal. Emil menyebut Pemprov Jatim sudah melakukan pembatasan sebelum diberlakukan PPKM, yaitu memberlakukan jam malam seperti dalam Peraturan Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00