Walikota Malang Sepekan Tak Muncul dan Dikabarkan Terpapar Covid-19, Begini Tanggapan Pemkot

Walikota Malang, Sutiaji

KBRN, Malang: Walikota Malang Sutiaji sepekan terakhir tidak menghadiri agenda kerja secara luring. Informasi bahwa Sutiaji terpapar Covid-19 beredar di media sosial. Menanggapi hal ini, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Nur Widianto menyebut bahwa kondisi kesehatan Walikota Malang Sutiaji memang menurun selama sepekan terakhir. Padatnya agenda kerja beberap waktu terakhir ditengarai menjadi penyebab menurunnya kesehatan pemilik kursi N1 ini. 

“Kami sampaikan terima kasih kepada segenap warga Kota Malang, karena apa yang berkembang ini adalah bentuk kepedulian, rasa bentuk memiliki Kota Malang, termasuk di dalamnya pemimpin Kota Malang. Berkaitan dengan hal itu, kami sampaikan kondisi bapak (Walikota, red) baik-baik saja,” katanya, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan, secara fisik, kondisi Walikota Malang memang sedang menurun. Mulai dari pembukaan festival IKM dan peninjauan lapangan ke Kedungkandang pada 20 November. Kemudian keesokan harinya, Walikota mengikuti pertandingan bulutangkis, dilanjutkan aktivitas lainnya.

“Aktifitas beruntun mengakibatkan kondisi fisik beliau menurun. Sehingga Walikota mengambil rehat. Karena bapak sadar selaku pimpinan daerah banyak aktifitas dan bersentuhan dengan warga maupun ASN, sehingga berinisiatif melakukan rapid test dan general check up darah pada tanggal 23 November lalu,” ungkap pria yang kerap disapa Wiwid ini.

Dari hasil rapid test tersebut, sambungnya, hasilnya non reaktif. Namun untuk tes usap atau swab masih menunggu hasilnya keluar. Selain Walikota, dalam kurun waktu 21-29 November,  Pemkot Malang juga melakukan uji rapid secara reguler kepada ASN di lingkungan Pemkot Malang.

“Dari hasil rapid test sebanyak dua kali, ada sekitar 15 orang yang reaktif dan mengarah kepada indikasi ke confirm Covid-19 dan kami laporkan ke Walikota. Karena beberapa dari mereka aktifitas keseharian relatif instens ke bapak Walikota baik itu kegiatan lapangan atau administrasi,” tuturnya.

“Dengan begitu, karena kontak erat dan sesuai SOP, sehingga beliau (Walikota, red) banyak beraktifitas di rumah,” imbuh Wiwid.

Terkait kondisi Sekda Kota Malang, Wasto, Nur Widianto mengungkapkan bahwa saat ini Wasto masih dalam perawatan. 

“Sekda posisi sedang dirawat, namun belum dapat hasil observasinya. Dalam rentang waktu satu minggu akan diuji laboratorium soal mengarah kesana. Hasil rapid test nya dua kali reaktif,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00