Civitas Akademika UMM Gelar Shalat Ghaib untuk Prof. Malik Fadjar

KBRN, Malang: Ratusan jamaah yang sebagian besar merupakan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti shalat ghaib di masjid AR Fachruddin, Selasa (8/9/2020) siang. Shalat itu untuk mendoakan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMM, Prof. Abdul Malik Fadjar yang wafat pada Senin (7/9/2020) kemarin. Shalat ghaib dilakukan dengan menerapakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap jamaah menggunakan masker dan menerapkan shaf shalat secara berjarak. 

Seketaris BPH UMM, Wakidi mengungkapkan duka cita mendalam warga Muhammadiyah dan UMM atas berpulangnya Prof. Malik Fadjar. “Tidak hanya warga Muhammadiyah, saya rasa seluruh bangsa  berduka, kita kehilangan guru dan tokoh bangsa yang selama ini menjadi panutan. Kewajiban kita meneruskan apa yang menjadi cita-citanya,” katanya usai shalat ghaib.

Menurutnya, banyak hal baik yang dilakukan almarhum semasa hidupnya. Hal itulah yang seharusnya bisa menjadi contoh untuk semua orang.  “Beliau merupakan tokoh panutan. Seperti Ki Hajar Dewantara, beliau di depan memberikan contoh, di tengah mengayomi anak buahnya, dan dari belakang mendorong,” tuturnya.

Lebih lanjut Wakidi mengungkapkan, almarhum menjadi salah satu tonggak sejarah pendidikan di Malang, khususnya UMM. Mantan Mendiknas ini juga dianggap memiliki kontribusi pada kebangkitan dunia pendidikan di Malang. “Muhammadiyah tidak lepas dari kiprah Pak Malik Fadjar. Beliau sering menyampaikan pada kita semua, bahwa kita harus punya cita-cita dan impian masa depan,” ungkap Wakidi.

Tak hanya itu, ada beberapa pesan dari Prof. Malik Fadjar yang akan diimplementasikan oleh warga Muhammadiyah. Yakni tetap menjaga silaturahim, tidak iri pada sesama, serta selalu menjaga kekompakan. “Pesan yang juga kami ingat adalah tentang bersedekah dan beramal yang tidak akan membuat kita miskin. Kalau rumus matematikan Allah, justru dengan berbagi maka milik kita akan berlipat ganda,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00