Penyembelian Hewan Qurban di Masjid Al Huda Batu Meningkat

KBRN, Batu : Situasi pandemi  Coronavirus disease 2019 (Covid-19) tidak mengurangi semangat umat Islam, khususnya jamaah Masjid Al Huda Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu untuk berqurban. Bahkan, di tengah pandemi sekarang, jumlah hewan qurban yang disembelih justru mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. 

Pada hari raya Idhul Adha 1441 Hijriah ini , panitia mampu mengumpulkan 4 ekor sapi dan 13 ekor kambing. Padahal  pada tahun lalu, panitia qurban di Masjid Al Huda hanya menyembelih 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing. 

Penasehat Takmir Masjid Al Huda Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Ustad. H. SHolikin mengatakan, penyembelian hewan qurban tahun ini mengalami peningkatan dari sisi jumlah hewan qurban yang di potong. 

" Alhamdulilah tahun ini mengalami peningkatan, sapi 4 ekor dan kambing 13 ekor" terang H. SHolikin kepada Rri, Jumat (31/7/2020). 

Menurutnya, penyembelihan hewan qurban dilakukan dua hari, karena mempertimbangkan  waktu. Untuk hewan qurban kambing, penyembelihan dilakukan hari ini Jumat (31/7/2020). Sedangkan untuk sapi akan dilakukan besok Sabtu (1/8/2020.

" Penyembelian kami lakukan dua hari yaitu jumat dan sabtu karena mempertimbangkan waktu  pak, " jelasnya. 

Sementara, untuk pembagian daging qurban akan di salurkan kepada warga Rw. 8 Kelurahan  Dadaprejo , kecamatan Junrejo kota Batu hingga merata dan juga ke sejumlah yayasan yatim piatu. 

" Penyalurannya untuk warga masyarakat RW. 8 Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo kota Batu di upayakan semua harus mendapat bagian dan lainya juga di salurkan ke-yayasan yatim piatu, " kata dia. 

Ia menegaskan, pelaksanaan penyembelian hewan qurban tetap mengindahkan protokol kesehatan di saat pandemi covid 19 saat ini. 

" Saya wajibkan semua panitia yang terlibat untuk tetap menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan, " imbuhnya. 

Ditambahkan, pada pelaksanaan sholat Idhul Adha di Masjid Al Huda juga menerapkan protokol kesehatan. Selain wajib memakai masker,  pihak takmir juga menyediakan fasilitas sabun dan tempat cuci tangan bagi jamaah serta membagikan masker gratis bagi jamaah yang tidak menggunakan masker. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00