Tangani Pasien Covid-19, BPJS Kesehatan Malang Terima Klaim Rp 4 Miliar

Ilustrasi pelayanan di BPJS Kesehatan

KBRN, Malang: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Kesehatan telah menerima klaim perawatan kesehatan untuk pasien positif Covid-19 maupun pasien dalam pengawasan (PDP) senilai Rp 4 miliar. Klaim itu merupakan tagihan dari 8 rumah sakit di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

“Hingga saat ini total ada 73 pasien yang biaya perawatannya difasilitasi BPJS Kesehatan Malang, nilai totalnya Rp 4 miliar itu,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, klaim biaya perawatan dan pelayanan kesehatan itu baru masuk setelah peraturan menteri kesehatan turun. Sebab, klaim penanganan pasien Covid-19 ini berbeda dengan jenis sakit lainnya. 

“Prosesnya berbeda, aplikasi yang digunakan berbeda. Disini BPJS Kesehatan hanya melakukan proses verifikasi, nanti pembayaran langsung dari kementrian kesehatan,” ujarnya.

Di tengah pandemi Covid-19, proses penerimaan berkas untuk pelayanan dan klaim BPJS Kesehatan khususnya bagi penanganan pasien Covid-19 dan PDP semuanya dilakukan secara online.

“Semua berkas verifikasi dikirimkan lewat email, semua paperless,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00