Detik detik Pemberlakuan PSBB di Malang Raya, Pos Check Point dicek Kesiapan

KBRN,Malang: Pasca terbitnya surat dari Kementerian Kesehatan Nomor H.K.01.07/MENKES/305/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah kota Malang, Kabupaten Malang, dan kota Batu Provinsi Jawa Timur dalam raangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), sejumlah pos check point dilakukan pengecekan kesiapan, mulai dari tempat, sarpras hingga Alat Pelindung Diri (APD).

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang,Selasa (12/5/2020) melakukan pengecekan di Posko Satgas Covid-19 yang ada di desa Banjararum, Kecamatan Singosari, diantaranya Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Bupati Malang M Sanusi, Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Ferry Muzzawad dan sejumlah pejabat terkait lainnya di wilayah Kabupaten Malang.

Bupati Malang, M Sanusi mengatakan waktu pemberlakukan PSBB di Malang Raya masih menunggu kesepakatan tiga Pemerintahan Daerah di Malang Raya,yakni Pemkot Batu, Pemkot Malang dan Kabupaten Malang. Selain menunggu terbitnya Pergub Jatim.

" Kami sudah siap baik itu infrastruktur hingga dana jaring pengaman sosialnya kami siapkan Rp 104 miliar," ungkap Sanusi, Selasa (12/5/2020).

Termasuk titik chcek point di daerah perbatasan telah dipersiapkan jauh jauh hari sebelumnya. Ia menambahkan Sebelum diberlakukan, Forkopimda yang tergabung di dalam Satgas Covid-19 akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama tentang kondisi dan aturan PSBB, sembari melakukan konsultasi dengan Pemprov Jatim terkait poin-poin yang tertera di Pergub, sebab perlu ada harmonisasi terkait regulasi. 

Sanusi juga menyebut akan menerapkan PSBB parsial yakni diterapkan di kecamatan zona merah penyebaran Covid-19 saja. Di Kabupaten malang ada belasan kecamatan yang dikategorikan kecamatan zona merah sebaran covid. Sementara kecamatan yang dikategori zona hijau tetap diminta untuk mempertahankan wilayahnya agar tetap di zona hijau Covid 19.  

Sementara, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan, Polisi akan memaksimalkan anggota untuk melakukan patroli siang dan malam, terutama di belasan kecamatan yang dikategori sebagai kecamatan zona merah sebaran Covid-19. 

"Sejumlah titik check point di daerah perbatasan Kabupaten Malang dinilai telah maksimal melakukan penyekatan," terangnya.

Kapolres Malang mengatakan enam pos check point yang ada benar benar mampu melakukan penyekatan di semua pintu masuk Kabupaten Malang. Sebab itu nanti fokus utama selama PSBB adalah di kecamatan yang dikategori zona merah.

"Diantaranya wilayah utara, Lawang, Singosari, Karangploso, Pakis, dan Pakisaji serta Kepanjen juga Dau. Untuk Pujon Ngantang dan kasembon rananya Polres Batu," urainya.

Dikatakan, aktivitas warga yang bermukim di kecamatan zona merah dibatasi. Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas kerja setiap hari.  Polisi juga akan terus melakukan patroli pada siang hari dengan melakukan pengecekan aktivitas perkantoran, titik keramaian dan pada malam hari ditetapkan pemberlakuan jam malam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00