Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja di Kabupaten Blitar Mulai Dirumahkan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto

KBRN, Blitar: Dampak Covid-19 dirasakan para pekerja diKabupaten Blitar. Meski belum ada pekerja yang dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), namun tercatat ada ratusan pekerja yang dirumahkan oleh perusahaan. 

"Data yang kami himpun, hingga saat ini ada 225 pekerja yang dirumahkan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, mayoritas pekerja yang dirumahkan ini bekerja di perusahaan dibidang perhotelan, perkebunan, pariwisata, serta lembaga pelatihan. "Dirumahkan karena perusahannya tidak beroperasi sejak adanya virus Corona. Jika tidak beroperasi dan mendapatkan penghasilan, pekerja terpaksa dirumahkan," ungkapnya.

Haris mengaku sudah mengusulkan data pekerja yang dirumahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) agar bisa mendapat bantuan sosial. Nantinya, Dinsos akan melakukan verifikasi maupun validasi data yang dikirimkannya. "Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penerimaan bantuan dobel. Mengingat saat ini banyak bentuk bantuan sosial, baik dari Pemerintah Daerah, Provinsi, hingga Pusat," ujar dia.

Ia menambahkan, jumlah perusahaan di Kabupaten Blitar yang mempunyai pekerja lebih dari 10 orang sekitar 500 perusahaan yang bergerak diberbagai bidang, seperti pertanian hingga konstruksi. (oza/num)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00