Pekan Pertama 2020 Kabupaten Malang Dilanda Empat Bencana, Sarpras Penanganan Bencana Disiagakan

KBRN,Malang: Pekan pertama awal Januari 2020 tercatat empat bencana yang telah terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Empat bencana tersebut meliputi dua bencana angin kencang sehingga menyebabkanpohon tumbang di  kecamatan Bantur dan Sumbermanjingwetan. 

" Satu bencana Banjir di Harjokuncaran Sumbermanjingwetan dan tanah longsor di kecamatan Kepanjen," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Malang, Iksan Hadi, Rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, sejumlah bencana tersebut mengawali di tahun 2020. Sebab itu sejumlah prasarana di musim hujan tengah disiagakan sebagai bentuk kesiapsiagaan BPBD dalam melakukan penanganan. 

Terakhir terjadi  bencana angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang. BPBD juga telah memasang Early Warning System (EWS)  di Pantai Balekambang. Alat itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

" Kami mendapat bantuan EWS dari Propinsi, kami pasang di pantai Balaekambang," urainya.

Iksan Hadi mengatakan, sejumlah posko yang telah dibentuk di beberapa kecamatan telah siap siaga dalam melakukan penanganan bencana termasuk melakukan upaya pengurangan resiko bencana alam.

" Peralatan untuk penanganan bencana juga telah kami standby kan di kantor ini, beberapa di posko yang ada di kecamatan," tambah Iksan.

Beberapa peralatan yang disiagakan mulai dari kendaraan serba guna, ambulan, tangki air dan alat berat, serta sejumlah sarana prasarana lainnya. (Sp)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00