Saluran Air Tersumbat, MTS Negeri 4 Malang Terendam Banjir hingga 2,5 Meter

KBRN,Malang: Hujan deras yang mengguyur wilayah Malang Selatan Rabu (1/1/2020) merendam Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Malang yang berlokasi di desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Akibatnya tiga ruangan di sekolah tersebut tidak bisa digunakan. Beberapa kaca di ruang kelas juga terlihat rusak. Ketiga ruangan itu, antara lain, satu ruang kelas dan dua ruangan kantin. Bahkan hingga Kamis (2/1/2020) air masih merendam lapangan basket dan Gazebo di sekolah tersebut.

" Hujan deras terjadi sejak pukul 14.00 sampai 16.00wib Rabu (1/1/2020) kemaren mas sehingga saluran air di belakang sekolah meluap hingga 2,5 meter," ungkap Kepala Sekolah MTsN4 Malang, Ahmad Ali kepada RRI, Kamis (2/1/2020).

Luapan air bah menghantam kaca ruang kelas 8-G dan merencam ruangan serta merusak bangku belajar mengajar di ruangan tersebut. Sehingga, lanjut Ali, 32 siswa kelas dua tereebut terpaksa diungsikan ke ruang Laboratorium IPA di lantai II.

Ali menyebut, luapan air yang merendam sekolah itu berasal dari saluran air yang berada di belakang sekolah, tidak mampu mengalir dengan lancar akibat tersumbat sampah penduduk. Apalagi, ukuran saluran air sangat kecil. Banjir terjadi hampir setiap tahun. 

" Salurannya kecil dan tersumbat sampah penduduk, air tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya dan meluap," terangnya.

Hingga berita ini diunggah, air setinggi lebih dari 30 centimeter masih merendam lapangan basket dan gazebo sekolah. Sejumlah guru dan petugas kebersihan sekolah serta petugas keamanan di sekolah itu terlihat melakukan pembersihan tiga ruangan yang terendam air.(sp)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00