Angkutan Umum Kota Malang Bakal Berbasis Online

KBRN, Malang: Keberadaan aplikasi layanan ojek secara online atau daring membuat eksistensi angkutan umum di Kota Malang terancam. Untuk itu, angkutan umum pun juga akan memanfaatkan perkembangan teknologi. 

Dalam waktu dekat, angkutan umum di kota pendidikan juga akan berbasis online, sehingga memudahkan masyarakat pengguna angkutan umum sekaligus menjaga eksistensi angkutan umum itu sendiri.

Walikota Malang, Sutiaji mengungkapkan, saat ini Pemkot Malang telah menyosialisasikan angkutan umum berbasis online ini pada para sopir. “Kami juga sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) untuk ujicoba sistem angkutan umum secara online di Kota Malang,” tutur Sutiaji, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, dalam ujicoba itu nanti tentunya akan terjadi pro dan kontra di tengah para sopir angkutan umum. ”Kami tidak memaksa pada pengemudi untuk mengikutinya, karena semua itu pilihan, mau online ataupun offline tidak masalah bagi kami,” ungkapnya.

Ia menyadari jika sopir-sopir angkot belum begitu memahami konsep dari angkutan berbasis online tersebut. Hal itu dapat diatasi dengan sosialisasi dan uji coba lebih dulu, sehingga nantinya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian bagi pengemudi. ”Saya yakin, pelan tapi pasti kalau sudah tau manfaatnya itu akan bisa menjadi daya ungkit mereka untuk ikut," tandas Sutiaji.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00