H+6 Lebaran, Stasiun Kotabaru Malang Masih Padat

KBRN, Malang: Suasana arus balik masih terasa di Stasiun Kotabaru Malang memasuki H+6 lebaran, Rabu (12/6/2019). Sejumlah warga tampak antre untuk melakukan pembelian tiket KA lokal di loket yang terletak di lobi stasiun.

Meski PT KAI telah menyediakan cukup banyak tempat duduk bagi penumpang yang menunggu keberangkatan kereta, namun kepadatan arus balik ini membuat sejumlah penumpang harus duduk di lantai Karen agak kebagian kursi. 

Manager Humas PT KAI Daops 8, Suprapto mengatakan, jumlah penumpang pada lebaran tahun ini meningkat dibandingkan lebaran tahun lalu. Berdasarkan data sementara per hari ini, jumlah penumpang yang turun di stasiun Kotabaru Malang mencapai 6.018 orang. "Sedangkan jumlah penumpang yang naik sebanyak 4.908 penumpang," katanya.

Jika dibandingkan pada H+5 kemarin, jumlah penumpang yang naik sebanyak 5.351 orang, sedangkan penumpang yang turun sebanyak 6.458.

Pihak Stasiun Kotabaru Malang sendiri memprediksi jumlah penumpang naik akan lebih padat dibandingkan jumlah penumpang turun di saat arus balik. "Stasiun lebih ramai hingga H+10 mendatang dibandingkan saat arus mudik lalu. Karena kalau penumpang yang turun akan langsung keluar stasiun, sementara kalau penumpang naik akan menunggu di stasiun setidaknya satu jam sebelum keberangkatan kereta, jadi ada penumpukan penumpang di stasiun," kata Kepala Stasiun Kotabaru Malang, Radne Anyarso Tulad. 

Terkait ketersediaan tiket, untuk KA jarak jauh rata-rata sudah habis terjual hingga 15 Juni mendatang. KA relasi Malang - Jakarta misalnya, tiketnya sudah habis terjual mulai 6 Juni atau lebaran hari kedua kemarin hingga 15 Juni. "Hal yang sama juga terjadi untuk KA malabar relasi Malang-Bandung. Untuk KA relasi Malang-Banyuwangi masih tersedia," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00