Tiket Pesawat Mahal, Pemudik ke Jakarta Pilih Pakai Kereta

KBRN, Malang: Harga tiket pesawat pada musim mudik lebaran tahun ini cenderung mahal, akibatnya pemudik lebih memilih pulang ke kampung halaman menggunakan jalur darat. Salah satunya Wilda Fizriyani, warga ibukota yang berdomisili di Malang. Jika pada lebaran tahun-tahun sebelumnya ia mudik menggunakan pesawat, namun baru tahun ini ia dan suaminya lebih memilik mudik naik kereta api.

"Harga tiket pesawat sekarang mahal, kalau tahun kemarin Rp 500 ribu bisa pulang naik Garuda, sekarang harga tiket semua maskapai di atas Rp 1 juta semua. Sebenarnya naik pesawat lebih cepat, tetapi kalau harganya sangat mahal ya harus pilih naik kereta saja," kata Wilda, Senin (3/6/2019).

Untuk pulang ke Jakarta, Wilda naik KA Matarmaja relasi Malang-Jakarta Pasar Senen. Namun untuk mendapatkan tiket pesawat tersebut, tidaklah mudah. Sebab, antusias pemudik menggunakan moda transportasi kereta api terus meningkat setiap tahunnya. Otomatis, persaingan untuk mendapatkan tiket kereta api juga semakin ketat. "Beruntung bisa dapat tiket KA Matarmaja, meski kuotanya harus rebutan dengan yang lain," ungkapnya.

Sementara untuk arus balik, ia pun juga mengaku kesulitan mendapatkan tiket. Rencananya, Wilda akan pulang ke kampung halaman suaminya di Bpjonegoro saat arus balik mendatang. "Saya pulang ke Bojonegoro naik Gumarang, dapat tiketnya agak susah. Jadi cari beberapa kereta yang ada saja dipilih meski harganya agak mahal," tandas wanita berkacamata ini.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kotabaru Malang, Radne Anyarso Tulad membenarkan jika banyak penumpang pesawat yang beralih menggunakan kereta api saat lebaran. hal itu membuat jumlah penumpang pada mudik lebaran tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. "Jumlah penumpang diperkirakan naik 4 persen dibandingkan tahun lalu," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00