Ini Pesan Veteran pada Generasi Muda di HUT ke-77 RI

Pesan Veteran pada Generasi Muda di HUT Ke-77 RI usai mengikuti upacara Kemerdekaan di halaman Balaikota Malang

KBRN, Malang :Seorang Veteran, Letkol (Purn) TNI AD Machmud, SH yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Malang mengajak seluruh generasi muda melanjutkan perjuangan bela negara. Hal tersebut disampaikan usai mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77 di halaman Balai Kota Malang, Rabu (17/8/2022).

"Peringatan ini mengingatkan kita tentang perjuangan bangsa Indonesia sejak dulu. 17 Agustus adalah momentum yang paling baik bagi bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang kita peringati, diproklamasikan di waktu yang tepat," terang Machmud.

Lebih lanjut, Machmud mengungkapkan bahwa kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada saat kosongnya kekuasaan di Indonesia, yakni ketika Jepang menyerah kepada sekutu. Pada kesempatan tersebut para pejuang segera mengambil alih, sehingga bangsa Indonesia bisa merdeka. 

"Pejuang-pejuang terdahulu mempunyai jiwa semangat nilai 45, yang semua tertuang dalam 17 Agustus 1945. Ini yang harus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda. Salah satunya wajib bela negara," tambahnya.

Perwujudan dari bela negara bagi seluruh warga Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan harus terus dikuatkan. Semangat juang 45 serta nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme diharapkan dapat menjadi bagian dari jiwa generasi muda penerus bangsa.

Letnan Kolonel (Purn) Kav. Harijono, salah satu veteran yang juga aktif dalam LVRI Kota Malang turut mengungkapkan, bahwa Indonesia telah bebas dari penjajah sejak 77 tahun silam. Namun masih ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh seluruh rakyat, khususnya generasi muda dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. 

Ia berharap, semangat juang para veteran dalam membela tanah air dapat menjadi teladan bagi generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa saat ini. 

"Yang perlu dikuatkan para generasi penerus bangsa, supaya benar-benar mengikuti apa yang sudah kita berikan untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar