Tekan Pelanggaran Lalu Lintas, Pemkot Batu Tambah Kamera ETLE

Kadishub Kota Batu, Imam Suryono

KBRN, Batu : Sejak diberlakukannya Tilang Elektronik, angka pelanggaran lalu lintas di Kota Batu mengalami penurunan. Berdasarkan data yang dihimpun, angka kecelakaan lalu lintas pada 2020 sebanyak 2.086 peristiwa kecelakaan dengan angka kematian 50 jiwa serta angka pelanggaran lalu lintas sebanyak 4.285 kasus, sementara di 2021 ada 1082 peristiwa laka dengan angka kematian 28 jiwa serta pelanggaran lalu lintas sebanyak 2220 kasus.

Upaya penurunan pelanggaran itu, juga dilakukan oleh Pemkot Batu melalui Dinas Pehubungan (Dishub) dengan melakukan penambahan kamera di beberapa ruas Jalan protokol di Kota Batu.

"Kami telah memploting APBD sebesar Rp 6,5 miliar untuk penambahan E-TLE tersebut," terang, Kadishub Imam Suryono, Rabu (10/8/2022).

"Kamera simpang akan kami letakkan di kawasan simpang empat Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Trunojoyo, dan Jalan Raya Pendem,” ungkapnya.

Sebelumya, Kasatlantas AKP Lya Ambarwati mengatakan, penambahan kamera ETLE dirasa sangat dibutukan, karena sesuai kebijakan Kapolri, dimana sudah tidak ada lagi tilang manual, semua menggunakan elektronik untuk menghindari kontak dengan masyarakat dan menghindari pungli.

"Saat ini yang terpasang kan cuman satu di simpang BCA. Nanti rencananya ditambah di dua ruas dan empat simpang. Nantinya kamera E-TLE akan terbagi menjadi dua jenis yakni kamera simpang dan kamera ruas, masing-masing mampu menangkap pelanggaran seperti tidak memakai sabuk pengaman, penggunaan hp saat berkendara, tidak memakai helm, dan sebagainya," jelasnya.

Sekedar Informasi, Rencana penambahan kamera pantau itu juga sesuai dengan UU No 2 Tahun 2002 dan UU No 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar