Pipa Perumda Tugu Tirta Kota Malang Rusak, Aliran Air di 11 Kelurahan Terdampak

KBRN, Malang : Pipa air bersih PDAM atau Perumda Tugu Tirta Kota Malang di jalan Ranugrati Sawojajar, Selasa (5/7/2022) pagi jebol. Sehingga menimbulkan aliran air di sejumlah titik mati. Ada 11 titik kelurahan yang terdampak air bersih. Diantaranya Kelurahan Sawojajar, Madyopuro, Polowijen dan Buring.

Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas saat dihubungi awak media  mengatakan, jebolnya pipa tersebut karena faktor usia pipanya yang sudah tua.

"Pipanya patah atau anjlok karena memang sudah tua," kata Muhlas.

Menurutnya, penanganan untuk perbaikan pipa jebol ini akan memakan waktu sekitar 4 jam, dan saat ini petugas masih melakukan perbaikan. Selain itu, penanganan pipa berbeda dengan yang di kawasan Pulungdowo karena membutuhkan ring dan prosesnya lama karena gravitasi.

"Maksimal empat jam selesai penanganannya. Kalau misal ada cadangan air, empat jam itu belum terlalu darurat kebutuhan air pelanggan," ujarnya.

Muhlas menambahkan, pemeliharaan atau maintenance semua pipa dilakukan secara rutin kondisi seperti ini merupakan hal lumrah.

"Panjangnya pipa seperti jarak Jakarta Malang - Malang Makarta. Kondisi seperti ini ya lumrah," ujarna.

Akibat dari kejadian ini, arus lali lintas di kawasan tersebut sempat mengalami kemacetan mengingat kawasan tersebut merupakan kawasan padat arus lalulintas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar