Wali Kota Batu Imbau Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko

KBRN, Batu : Pemerintah Kota Batu melalui Wali Kota Batu mengimbau masyarakat yang  berkuban untuk melakukannya melalui Rumah Potong Hewan (RPH). Hal ini berdasarkan pada masih adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan Masjid besar di Kota Batu sepakat tidak melakukan pemotongan hewan qurban di wilayahnya.

"Masjid besar tidak menyediakan tempat penyembelihan kurban. Yang ingin menyembeli kurban bisa dilakukan di RPH. Sebab, RPH sudah bekerjasama dengan Dinas Pertanian sehingga sapi yang mau dipotong bisa dipastikan kesehatannya," terangnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Perikanan DPKP Kota Batu, Sri Nurcahyani Rahayu menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tempat jika RPH penuh.

"92 titik yang tersebar di desa atau kelurahan di wilayah Kota Batu. Untuk tempat pemotongan hewan kurban dan itu berdasarkan SK (Surat Keputusan) Wali Kota Batu," jelasnya, Senin (4/7/2022).

Pemkot Batu juga mengatur lokasi penjualan hewan kurban. Ada tujuh lokasi yang ditentukan untuk penjualan hewan kurban yakni di Kelurahan Temas, Kelurahan Sisir, Kelurahan Ngaglik, Desa Sidomulyo, Desa Oro-Oro Ombo, Desa Telekung dan Pasar Hewan Patok.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar