Kunjungan Tatap Muka di Lapas Lowokwaru Dibuka Mulai Pekan Depan

Kalapas Lowokwaru Kelas 1 Malang Heri Azhari saat menyampaikan rencana kunjungan tatap muka warga lapas dan keluarganya

KBRN, Malang: Kabar gembira bagi warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lowokwaru kelas 1 Malang. Sebab dalam pekan depan mereka diperbolehkan bertatap muka secara langsung dengan keluarganya.

Seperti diketahui, selama pandemi Covid-19 kunjungan tatap muka ditiadakan. Namun seiring dengan melandainya kasus Covid-19, maka Kemenkumham RI memberikan lampu hijau untuk dibukanya kembali kunjungan tatap muka.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengungkapkan, diperbolehkannya kunjungan secara langsung artinya tidak bebas seperti sebelum datangnya pandemi namun tetap ada pembatasan dan ada syaratnya

"Syaratnya mereka mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi yang telah ada selama ini dan telah digunakan oleh keluarga warga lapas dan petugas," ungkapnya, Sabtu (2/6/2022).

Syarat lainya yaitu, pengunjung yang di perbolehkan masuk hanya 3 orang dari keluarga inti, dan telah mendapatkan vaksin dosis 1, 2 dan booster jika belum di vaksin mereka bisa menyertakan hasil swab antigen.

Peraturan lainya,  kunjungan tatap muka hanya dibuka seminggu sekali dan dibatasi hanya 400 orang saja dan dalam satu sesi pertemuan tatap muka diberikan waktu 15 menit per sesinya. 

"Persiapan kunjungan keluarga tatap muka ini  harus memenuhi syarat-syarat tertentu dan sejauh ini persiapan sudah mencapai 80 persen tinggal dilaporkan saja kalau tidak Selasa ya Rabu," pungkasnya.

Sebagai informasi selama ini kunjungan keluarga  hanya dijinkan melalui drive thru untuk sekedar mengirim makanan ataupun baju bagi keluarga di lapas dan tidak bisa bertatap muka langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar