1200 Aset Pemkab Malang Belum Bersertifikat

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malang, Budi Kriswiyanto. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Ribuan aset milik Pemerintah Kabupaten Malang belum disertifikatkan. Akibatnya, kepemilikan aset itu masih belum jelas status hukumnya. 

" Kita sudah berkali kali mengingatkan ke Pemkab Malang untuk melegalisasi aset Pemerintah Kabupaten Malang, " ungkap Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malang, Budi Kriswiyanto kepada RRI, Kamis (30/6/2022). 

Diakui, membutuhkan waktu cukup panjang untuk melegalisasi seluruh aset Pemkab Malang. Apalagi, dari 2000 titik aset, baru 800-san titik aset saja yang sudah disertifikat. 

" Karenanya kekurangannya yang belum disertifikat kita dorong terus agar segera diproses, kalau masalah anggaran DPRD akan mensupport, " tegasnya. 

Ada banyak kendala yang menyebabkan aset Pemkab Malang yang belum disertifikatkan. Pihaknya akan terus mengawal agar aset Pemkab Malang segera tuntas dilegalisasi. 

" Paling banyak aset tanah karena memang ada beberapa kendala di Pemerintah Desa dan Masyarakat, seperti sekolah dan aset lainnya, " tukasnya. 

"Kadang kadang tanah yang dipakai Pemkab ini dulu milik pemdes, ada yang milik masyarakat, ini perlu proses lebih lanjut, " lanjutnya. 

Ia membeberkan ada aset yang statusnya clear, tetapi belum clean yaitu aset Pemkab tetapi hak dan bukti kepemilikan tidak dimiliki. 

Juga ada yang belum clear tetapi sudah clean, yakni sementara diplot sebagai aset milik Pemkab Malang, tetapi dikuasai dan kepemilikannya tidak kuat. 

"Harapan kami yang clear and clean didahulukan untuk disertifikatkan, " imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar