Dosis Pertama Vaksin Sapi di Kota Malang Mulai di Lakukan

Wakil Walikota Malang bersama Kapolresta Malang Kota pantau vaksinasi terhadap sapi untuk dosis 1

KBRN, Malang : Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang menjadi daerah pertama yang  terpilih dalam pencanangan vaksin dosis pertama pada hewan  ternak sapi yang terserang wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pencanangan tersebut langsung dilakukan oleh Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepolisian, dan Plt Kadispangtan.

Kabid Peternakan Dispangtan Kota Malang, drh Anton Pramujiono kepada RRI mengungkapkan, pihaknya telah menerima 300 dosis vaksin dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Jumat lalu (24/6/2022).

Dijelaskan, untuk tahap pertama akan di habiskan 100 dosis terlebih dahulu di tiga wilayah yaitu Telogowaru, Lesanpuro Bumiayu, dan Mulyorejo. Untuk sapi yang mendapatkan vaksin ini lebih diutamakan adalah sapi betina potong, sapi perah, dan sapi pedet atau anak sapi.

"Untuk pemberian vaksin rencananya akan dilakukan sebanyak 3 kali dengan jarak 1 bulan untuk vaksin pertama dan ke dua dan 6 bulan untuk pemberian vaksin dosis ke 3," kata Anton, Senin (27/6/2022).

Sebagai informasi, dari data terakhir per 25 Juni 2022 hewan ternak sapi yang terinfeksi PMK di Kota Malang total kasus 352 ekor, sembuh 96 ekor, 2  mati, 160 potong paksa dan 94 Dalam pengobatan.

Sementara itu, untuk tingkat kesembuhan sapi yang terkena wabah PMK antara 60-70 persen artinya dianggap tinggi oleh Pemkot Malang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar