DPRD Kota Malang Lempar 2 Ranperda Baru ke Eksekutif

Sidang Paripurna DPRD Kota Malang Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan tahun anggaran 2021, Kamis (23/6/2022)

KBRN, Malang : DPRD Kota Malang melempar dua Ranperda inisiatif kepada eksekutif  pada sidang paripurna, Kamis (23/6/2022). 2 Ranperda tersebut adalah Ranperda Pesantren dan Pemajuan Kebudayaan 

Wakil Ketua Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bampeperda) DPRD Kota Malang, Harvad Kurniawan Ramadhan menjelaskan bahwa dengan adanya ranperda mengenai Penyelenggaraan Pesantren itu merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk melindungi masyarakat pesantren dan meningkatkan kualitas pesantren di Kota Malang.

Sedangkan, Ranperda Pemajuan Kebudayaan, pemerintah daerah memiliki kewajiban dan wewenang untuk mengatur mengenai pemajuan kebudayaan sesuai dengan kearifan lokal daerah Kota Malang. 

"Itu akan lebih difokuskan pada landasan hukum kontribusi pemerintah daerah kepada lembaga-lembaga seni dan budaya, perlindungan dan kontribusi sebaliknya oleh pelaku kebudayaan di Kota Malang," kata Harvad kepada awak media.

Kemudian, dijelaskan bahwa mengenai Ranperda Pemajuan Kebudayaan itu dilakukan secara atribusi, dimana dalam pemberian wewenang pemerintahan oleh suatu ketentuan dalam peraturan perundang- undangan.

Sementara itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa pembahasan yang dilakukan oleh DPRD Kota Malang mengenai dua Ranperda tersebut baru diketahui  selanjutnya akan dipersiapkan. Karena hal itu mengacu pada peraturan perundang-undang.

"Adanya dua ranperda ini mengacu pada undang-undang diatasnya, selanjutnya akan dipersiapkan agenda yang akan disusun DPRD dalam membahas perda inisatif itu," ungkap politisi Golkar ini

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar