Warga Pinggir Rel Mengaku Bingung dan Pasrah Terhadap Rencana Sterilisasi Jalur PT KAI

Ibu Mujiati 77 tahun salah satu warga yang tinggal dipinggir rel mengaku pasrah dengan rencana sterilisasi jalur KA Kotalama hingga depo Pertamina
Kereta BBM Pertamina yang terlihat mepet dengan pemukiman warga

KBRN, Malang: Meskipun sosialisasi secara resmi terkait rencana sterlisasi jalur KA Kota Lama, Jodipan hingga Depo Pertamina sejauh 1,3 km belum dilakukan, namun warga sudah banyak yang mengetahui.

Hal itu seperti yang diungkapkan perempuan bernama Mujiati, 77 tahun warga Jl. Prof M. Yamin Gang VI RT 9 RW 7 Kelurahan Sukoharjo kepada RRI. Ia mengetahuinya dari petugas KAI yang kemarin datang untuk melakukan pengukuran.

"Ya katanya seperti itu (sterilisasi) tapi tidak tahu kapanya dulu juga bilang begitu tapi tidak semoga tidak jadi," katanya, Kamis (23/6/2022).

Mujiati yang tinggal bersama dengan 8 orang anggota keluarganya ini mengaku sudah menempati rumahnya sejak kecil, bahkan pada tahun itu hanya ada 3 rumah namun sekitar tahun 1960an mulai banyak pendatang dan membangun rumah di kawasan ini.

Terkait rencana sterilisasi ini, dirinya mengaku hanya bisa pasrah, bahkan sebelumnya memang pernah mendengar tapi tidak jadi dilakukan.

"Kami hanya bisa berharap yang terbaik terhadap rencana ini," ungkapnya.

Sementara itu, Zakaria ketua RW 7 pada saat ikut pertemuan beberapa waktu lalu dengan pihak PT KAI mengatakan, dari pihak masing-masing akan membentuk tim. Di wilayahnya ada 187 yang terdampak dan rata-rata mereka ini sudah berpuluh puluh tahun di sana dirinyapun juga mengaku bingung harus berbuat apa namun intinya dia meminta yang terbaik.

"Kompensasi dari PT KAI dia menyebutkan tidak ada tapi jika itu diberikanya Alhamdulillah, kami memang ada kekeliruan menempati lahan ini tapi gimana lagi semohabara solusinya," terangnya.

Pihaknya pun mengakui pengukuran memang sudah dilakukan oleh petugas KAI beberapa kali dan selama dirinya tinggal tidak pernah terjadi kecelakaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar