Sosialisasi Jemput Bola, Ombudsman Jatim Apresiasi Tugu Tirta

KBRN, Malang : Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur melakukan upaya jemput bola dengan membuka posko pengaduan layanan publik untuk wilayah Malang Raya. Salah satunya di depan loket pelayanan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, kawasan ruko WR Supratman, Jumat (17/6/22).

“Upaya jemput bola dilakukan sebagai respon atas rendahnya jumlah pengaduan di wilayah Malang Raya,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jatim, Agus Muttaqin.

Menurutnya, dari total 434 aduan yang masuk ke Ombudsman Jatim sepanjang 2021, dari Malang Raya hanya tercatat 25 aduan.

“Jumlahnya ini bisa dibilang tidak sebanding dengan daerah lain di Jawa Timur. Karena itulah, tahun ini kami memberi perhatian lebih untuk Malang," terangnya.

“Sebagai perbandingan, di Kota Surabaya tahun lalu tercatat sebanyak 169 aduan dan Sidoarjo ada 39. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa tingkat pelaporan di Malang Raya tergolong rendah. Padahal Kota Malang adalah kota kedua terbesar di Jatim,” imbuhnya.

Pihaknya pun menduga, rendahnya pelaporan ibu bisa jadi dikarenakan masyarakatnya masih awam mengenai tata cara melapor atau memang enggan melapor. 

“Atau bisa jadi memang fasilitas pengaduan publiknya sudah berjalan baik di masing-masing instansi, sehingga laporan masyarakat tidak sampai perlu ke Ombudsman,” kata dia. 

Untuk itu, sebagai Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik, Ombudsman RI datang mensosialisasikan program mereka agar masyarakat mendapat pelayanan yang baik.

"Hari ini kami standby di loket pelayanan Perumda Tugu Tirta bukan karena menargetkan ada aduan pelanggan PDAM, melainkan hanya pinjam tempat saja untuk memudahkan masyarakat menjangkau stand layanan kami di area perkotaan," beber Agus.

Dalam kesempatan tersebut, pria asal Sidoarjo ini secara khusus juga mengapresiasi kinerja Perumda Tugu Tirta, setelah melihat langsung pelayanan prima ketika sedang berada di loket pelayanan. 

"Saya kebetulan bisa melihat langsung kinerja Bagian Hubungan Pelanggan dan Humas di sini. Pelayanannya sangat luar biasa, juga fast response dalam menanggapi aduan. Urusan update informasi dan publikasi juga sangat cepat," puji Agus yang terkesima setelah menyaksikan keberhasilan Perumda Tugu Tirta menjadi salah satu pemenang kategori UPP Terbaik di Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Nasional 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar