Monyet Masuk Perkampungan, Warga di Pakis Malang Resah

KBRN, Malang : Puluhan monyet kerapkali memasuki areal perkampungan di Dusun Wendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Akibatnya warga di dusun setempat resah. Kondisi itu terjadi sejak dua bulan belakangan. 

" Monyet yang berkeliaran di rumah warga jumlahnya mencapai puluhan ekor. Mereka menaiki perumahan warga. Kadang bergelayut di kabel-kabel listrik, " ungkap warga RT 04, RW 04, Dusun Wendit Barat, Desa Mangliawan, Candra Wahyudi, Selasa (24/5/2022). 

Bahkan genting rumah warga sering rusak akibat dilalui para monyet tersebut. Puluhan monyet itu terkadang menjatuhkan diri dari pohon ke atap rumah warga, sehingga genting atap rumah pecah.  Kata Candra, puluhan monyet itu juga sering menyelinap masuk ke rumah warga dan mengambil makanan.

"Yang paling sering pada lebaran lalu, karena saat itu kan banyak makanan," urainya.

Candra mensinyalir masuknya puluhan monyet ke perkampungan itu akibat persediaan makanan di area hutan pemandian Wisata Wendit berkurang. 

"Sebab, apabila ada anak kecil membawa kantong plastik, para monyet ini tanpa takut mengejar si anak dan merebut kantong plastik yang dibawa, " tegasnya. 

Candra mengatakan kondisi ini merupakan yang paling parah, sejak bermukim di Dusun Wendit  Barat. 

"Biasanya memang sering ada kera yang berkeliaran ke sini, tapi jumlahnya berkisar 10 hingga 15 ekor saja. Tapi sekarang jumlahnya mencapai ratusan ekor, dan dalam waktu yang lama," pungkasnya.

Candra berharap, pemerintah setempat segera mengambil tindakan untuk menangani monyet itu. Sebab, hal itu cukup menyulitkan bagi warga sekitar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar